FESTIVAL JELAJAH PESONA KELABBA MADJA KE-4 RESMI DIBUKA


Festival jelajah pesona Kelabba Madja merupakan kegiatan promosi pariwisata yang menampilkan keindahan alam serta kekayaan budaya khas Sabu Raijua. Kelabba Madja dikatakan sebagai ikon destinasi pariwisata yang membuat Sabu dikenal oleh dunia luar. 

Demikian disampaikan Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Sabu Raijua Septenius M. Bule Logo, SH.M.Hum pada pembukaan festival jelajah pesona Kelabba Madja ke-4 di lokasi wisata Kelabba Madja, desa Wadumaddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kamis 22 Agustus 2024.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan pada tahun 2018 Kelabba Madja berhasil meraih juara I Destinasi Wisata Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler". Hal tersebut membuktikan bahwa Kelabba Madja memiliki nilai jual dan patut mendapat perhatian untuk di kembangkan.

Selain potensi Destinasi Wisata Kelabba Madja, Sabu Raijua juga memiliki keunikan budaya yang menjadi kebanggaan masayarakat Sabu Raijua. 

Potensi wisata alam, laut dan budaya inilah yang membuat Pemerintah menjadikan pariwisata sebagai sektor penggerak utama pembangunan yang ada di Kabupaten Sabu Raijua. 

Bupati mengharapkan dengan majunya pariwisata akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sabu Raijua. Untuk mewujudkan kesejahteraan bukanlah hal yang mudah, namun perlu adanya niat dan kerja keras. Promosi pariwisata harus dilakukan sehingga Sabu bisa dikenal dalam jangkauan yang lebih luas.

Lanjut Bupati, hasil promosi pariwisata bukanlah hal yang gampang untuk diraih, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam mempromosikan Pariwisata tidak dapat dipungkiri adanya faktor penghambat yang dihadapi antara lain kualitas sarana dan prasarana yang belum memadai, sebagai daerah terluar yang jauh dari pusat Ibu Kota Negara/Provinsi, akses transportasi masih terbatas, SDM Kepariwisataan terbatas dan manajemen pengelolaan pariwisata yang belum berkembang dan masih konfensional.

Namun faktor-faktor penghambat tersebut tidak membuat pemerintah kehilangan semangat namun pemerintah akan terus bergerak untuk menata dan mengembangkan pariwisata di Sabu Raijua. 

Pemerintah juga menyadari masyarakat belum sepenuhnya siap dan Infrastruktur pendukung pariwisata di Sabu Raijua masih minim, namun Sabu Raijua harus bergerak berkompetisi menyongsong masa depan yang lebih baik. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sabu Raijua, juga kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi NTT Yang Telah mendukung terselenggaranya festival ini.

Selain itu, Sekda Sabu Raijua juga menambahkan terkait dengan pembenahan pariwisata khususnya Kelabba Madja dan juga destinasi wisata seluruhnya di Kabupaten Sabu Raijua, sudah ada pembenahan dari waktu ke waktu. Misalnya, saat pertama kali Festival Kelabba Madja diselenggarakan, infrastruktur seperti jalan masih kurang bagus kini atas intervensi baik oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah pusat dan juga BUMN, Kelabba Madja yang dulunya blank spot, kini pengunjung bisa mengakses internet dengan baik.

Artinya, pelan tapi pasti, pemerintah Sabu Raijua menunjukkan komitmen serius untuk kemajuan pariwisata di Sabu Raijua dengan adanya perubahan dan kemajuan saat ini. Dengan harapan wisatawan yang datang ke Sabu Raijua bisa menjadi duta wisata mengabarkan Sabu Raijua ke seluruh penjuru.

Hadir dalam pembukaan festival ini Asisten I Setda Sabu Raijua, Kepala Dinas Pariwisata Sabu Raijua, para ASN lingkup Pemda Sabu Raijua, Para Camat, Para Kepala Desa, Tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pengunjung dan wisatawan, insan pers, dan undangan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU