POSYANDU LANSIA DI DESA ROBOABA

 

Posyandu Lansia Desa Roboaba berlangsung di Kantor Desa Roboaba pada Senin, 20 Maret 2023. Posyandu lansia tersebut adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di setiap desa yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dan Desa dengan melibatkan peran peserta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Posyandu lansia dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat.

Posyandu lansia di Desa Roboaba masih mengagendakan pengukuran berat badan, pengecekan tekanan darah serta keluhan-keluhan sakit dari para lansia sehingga pihak bidan dan perawat memberikan obat yang sesuai.

Salah satu perawat yang bertugas dalam Posyandu Lansia di Desa Roboaba, Inatris,Amd.Keb mengatakan bahwa masih kurangnya kesadaran dari masyarakat sehingga Lansia yang datang untuk di periksa ke Pos Pelayanan hanya berkisar 10 Orang kebawah.

Dirinya berharap kepada pihak Pemerintah Desa bisa bekerja sama dengan RT/RW agar Bisa menyampaikan dan mengarahkan masyarakat tentang pentingnya Posyandu Lansia di pos pelayanan yang sudah di tentukan seminggu sebelumnya atau sehari sebelum ada pelayanan agar Para Lansia bisa mengingat dan bisa melakukan pemeriksaan di Pos pelayanan. Dirinya bersama Para Kader-kader berharap kepada pihak desa agar Pos Pelayanan Posyandu Lansia bisa di adakan di  tempat-tempat yang berbeda setiap bulannya agar pelayanan untuk para lansia rentan bisa di jangkau.

Menanggapi Hal tersebut Kepala Desa Roboaba Johanis Huru mengatakan dirinya bersama perangkat Desa akan berkoordinasi dengan setiap RT/RW untuk menyampaikan dan mengajak para Lansia agar melakukan pemeriksaan ke Pos pelayanan serta kepala desa dan perangkat desa siap melakukan penjadwalan ulang tentang Pos Pelayanan yang akan di ubah setiap bulannya agar bisa menjangkau lansia yang rentan sehingga pelayanan bagi Para Lansia meningkat dan bisa memantau kesehatan para lansia dengan baik. (Devy-LPPL RSPD SABU RAIJUA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU