SIDANG SINODE GMIT KE-35 MELAKUKAN LOKAKARYA BERTHEMA PELAYANAN KAUM MUDA DAN DIGITAL

Kegiatan lokakarya yang berthema "pelayanan kaum muda dan digital" berlangsung di Gedung Gereja Ephata Ledemanu Kecamatan Sabu Barat Kabupaten Sabu Raijua, Kamis 12 Oktober 2023.

 


Kegiatan lokakarya tersebut menghadirkan 3 Narasumber yaitu Rosiana Purnomo, Pdt. Wanto Menda, Patriciano D. Ndoen, dan 1 Moderator yaitu Pdt.Petrus Tamone, M.Th. 

Rosiana Purnomo membahas tentang "Suara Anak muda: Kita punya Penglihatan" dalam pembahasannya Rosiana membahas tentang bagaimana peran dan hak-hak orang muda di era digital serta bagaimana peran orang tua dalam mendampingi kaum muda, karena Era digital dengan segala perkembangan teknologi dan informasi saat ini adalah konteks hidup orang muda, ini juga merupakan sarana atau media untuk merangkul orang muda. Oleh karena itu orang tua mempunyai peran untuk merangkul dan mendampingi anak Muda agar tidak salah jalan. Media dan teknologi digital bukan semata mengenai tantangan dan harapan perkembangan era digital terhadap orang muda saja, melainkan apa visi bersama kita sebagai warga Gereja tanpa memandang gender, usia, jabatan dan status.


Pdt. Wanto Menda berbicara tentang "Peran Strategis Pemuda dalam Pelayanan Digital" Yaitu kedasyatan kaum mudah dalam menggunakan sosial media saat ini sangatlah besar, untuk itu  peran pemuda Kristen dalam memanfaatkan ruang-ruang digital sebagai pelayanan dalam menjangkau sesama pelayanan pekerjaan Allah. Kaum muda harus memiliki empat pilar utama literasi digital yaitu budaya bermedia digital, aman bermedia, etis bermedia digital serta cakap bermedia digital.

 


Semntara itu Patriciano D. Ndoen membahas tentang "Tantangan dan peluang jemaat GMIT Kaisarea dalam Digital Ministry". Ia mengatakan bahwa Gmit sebagai salah satu institusi gereja senantiasa memperbaharui dirinya seturut dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam dinamika masyarakat. Dalam prinsip demikian penataan dan pengembangan elemen sumber daya manusia merupakan hal prinsip yang senantiasa dilakukan sebagai wujud pengawalan terhadap tugas pokok dan makna gereja yang sesungguhnya yakni perkumpulan orang-orang percaya.

 


Transformasi dunia digital saat ini sudah masuk kedalam hampir semua aspek kehidupan manusia dan segala aspek sudah terkoneksi secara digital, bahkan itu merupakan sesuatu yang tidak dapat dibendung dan terus mengalami transformasi bentuk dari waktu ke waktu, untuk itu bagaimna caranya agar kita memanfaatkan era digital ini dengan hal positif yaitu untuk membangun relasi dengan sesama untuk memperluas talipersaudaraan dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk melakukan pelayanan pekerjaan Allah.LPPL RSPD SABU RAIJUA-DEVRY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU