PEMBUKAAN KEGIATAN PKW TAHUN 2023

Pembukaan kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2023 kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dengan Dekranasda Sabu Raijua berlangsung di Sekretariat Dekranasda Gedung B Kompleks Rumah Jabatan Bupati Sabu Raijua, Senin 23 Oktober 2023.

Kegiatan ini di buka oleh Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si. Program PKW tersebut merupakan jenis keterampilan tenun ikat yang diikuti oleh 29 peserta dengan waktu 200 jam pembelajaran yang merupakan kerja sama antara Dekranasda Kabupaten Sabu Raijua dengan UMKM MITRA, Bank NTT, KSU Sandi Mandiri dan platform digital padi UMKM rumah BUMN yang berlangsung mulai 23 Oktober sampai dengan November 2023.

Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa berwirausaha harus dengan tekad murni yang benar-benar datang dari hati dan harus bersungguh-sungguh.

Bupati mengatakan pelatihan ini merupakan modal dasar untuk melakukan usaha lebih lanjut dan membutuhkan niat dan komitmen yang mendalam.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Kabupaten Sabu Raijua  Ny. Dra. Marthina Rihi Heke Raga Lay, M.Si mengatakan bahwa peserta dalam pelatihan ini adalah anak anak yang putus sekolah yang belum bekerja berumur 15 sampai dengan 25 tahun.

Menurut Ketua Dekranasda, banyak anak anak yang mendaftar, namun disaat panitia mendaftarkan anak-anak yang usianya lebih dari ketentuan atau kriteria, maka aplikasi menolak sehingga banyak anak-anak yang tidak bisa mengikuti pelatihan ini.

Lebih lanjut Ketua Dekranasda mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan kewirausahaan. Ketika anak-anak yang sudah selesai mengikuti pelatihan ini di harapkan dapat berusaha atau berwirausaha.

Dalam laporan panitia yang di bacakan oleh Helsy Juniarto Bule Logo, S.Si, M.Pt bahwa narasumber dalam pelatihan ini berjumlah enam orang yang terdiri dari UMKM Mitra, dari lembaga perbankan yang menjadi mitra Dekranasda dan instruktur eksternal.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Wakil Dekranasda Kabupaten Sabu Raijua Ny. Marryanti O. Uly  Kale. Djami, SE, pimpinan OPD atau yang mewakili, pimpinan Rumah BUMN Mitra, pimpinan koperasi sandi mandiri, pimpinan UMKM mitra Dekranasda dan undangan lainnya.LPPL RSPD SABU RAIJUA-DJ.IB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU