BUPATI SABU RAIJUA MEMBUKA KEGIATAN BIMTEK LAYANAN PENERBITAN PERIZINAN MELALUI APLIKASI OSS-RBA DAN PENYERAHAN BANTUAN BAGI PESERTA SEMINAR PELAKU UKM

BimbinganTeknis (Bimtek) Layanan Penerbitan Perizinan Melalui Aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dan Penyerahan Bantuan Bagi Peserta Seminar Pelaku UKM berlangsung di Gedung Gereja Ebenhazer Menia, Senin, 03 Juli 2023. 

Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke,M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa bimtek ini merupakan momentum dalam mensinergikan setiap program dan kegiatan dengan tujuan agar Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sabu Raijua, instansi teknis terkait dan para pelaku usaha memiliki kesamaan pandangan dalam proses pengurusan izin usaha, pengawasan dan pelaporan dengan menggunakan Sistem Online Singe Submission (OSS). Saat ini setiap pelaku usaha baik perorangan maupun berbentuk badan usaha, wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diterbitkan melalui sistem OSS.

Dalam era globalisasi, pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan transparan berbasis digital. Karena itu melalui semangat reformasi birokrasi, khususnya di bidang pelayanan perizinan, pemerintah telah menerapkan aplikasi Online Submission System (OSS) Risk Base Approach (RBA) atau Sistem Pelayanan Perizinan Online Berbasis Resiko. Dengan aplikasi tersebut, semua pola pikir dan tata cara pengurusan izin yang rumit, menakutkan dan membingungkan, dirubah menjadi sederhana, cepat dan dapat dilakukan setiap saat. Bahkan setiap masyarakat atau pelaku usaha yang telah melek teknologi informasi, dapat mengurus izinnya secara mandiri setiap saat tanpa harus datang ke kantor pemerintah untuk bertemu dengan petugas. Melalui aplikasi OSS ini, semua jenis perizinan usaha yang dulu dikenal dengan SIUP, SITU dan perizinan sejenisnya telah terintegrasi menjadi satu yaitu dalam bentuk Nomor Induk Berusaha (NIB).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan NIB berfungsi sebagai identitas tunggal bagi legalitas berusaha. Setiap masyarakat dapat diakui sebagai pelaku usaha manakala telah memiliki NIB. Kegiatan Bimtek ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam membantu pelaku usaha yang belum memiliki NIB sehingga & dapat mengurus sendiri dan memiliki NIB sebagai & identitas pelaku usaha. 

Bupati berharap agar setelah mengikuti Bimtek ini, pengurusan NIB di Kabupaten Sabu Raijua bisa lebih ditingkatkan. Jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sabu Raijua saat ini sebanyak 4.200 UMKM. Namun yang baru memiliki NIB sebanyak 500 pelaku usaha. Dengan adanya NIB, pelaku usaha bisa memiliki keyakinan akan legalitas usaha sehingga tidak ragu-ragu menjalankan usahanya. Di samping itu, saat ini setiap urusan transaksi keuangan baik melalui lembaga perbankan maupun dalam hal kerjasama dengan pihak lain, akan selalu dimintakan NIB sebagai legalitas usaha.

Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua telah melakukan reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik khususnya pelayanan perizinan yang dilaksanakan secara terpusat melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perindustrian dan Perdagangan sebagai gerbang transformasi ekonomi daerah melalui kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Sabu Raijua yang tertuang dalam Misi Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2021-2026 yang diarahkan pada Peningkatan kualitas SDM dan Pengentasan Kemiskinan, menjamin ketercukupan pangan, air dan energi serta mingkatkan daya saing perekonomian dengan sektor pariwisata sebagai penggerak utama, peningkatan kualitas layanan publik yang professional dan mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien dan akuntabel, peningkatan akses masyarakat melalui infrastruktur yang handal, penyediaan pemerataan wilayah serta menjamin pembangunan berkelanjutan. Pemerintah sebagai regulator dan sild fasilitator akan selalu berusaha menciptakan iklim su investasi yang kondusif, aman dan nyaman.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak untuk bersatu, bergandengan tangan, bekerjasama dan bersinergi, bekerja keras, cerdas dan tuntas "Ciptakan Iklim Investasi Yang Kondusif Tingkatkan Investasi Menuju Sabu Raijua Bersatu, Maju dan Bermartabat".

Hadir dalam Bimtek tersebut Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perindustrian dan Perdagangan, Peserta Bimtek dan undangan lainnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU