PEMBUKAAN PELATIHAN PENGASAPAN IKAN TINGKAT KABUPATEN SABU RAIJUA

Kegiatan pembukaan pelatihan pengasapan ikan tingkat Kabupaten Sabu Raijua berlangsung di Pantai Wisata Hewau Desa Raemadia Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua Senin, 12 Juni 2023.
Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Asisten I Sabu Raijua Ir. Titus Bernadus Duri dalam sambutannya mengatakan bahwa Subsektor perikanan mempunyai peranan penting sebagai penyumbang protein masyarakat Sabu Raijua secara geografis dikelilingi oleh laut yang sangat luas. Hal ini merupakan potensi yang perlu dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat guna meningkatkan perekonomian.
Titus Bernadus Duri mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan Pengasapan Ikan ini terselenggara atas kerja sama antara pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raijua dengan Fakultas Nusa Cendana Kupang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat terutama para nelayan yang berada di tiga Desa yaitu Desa Raemadia, Desa Raedewa dan Desa Loborai dengan jumlah peserta dari masing-masing Desa lima orang.
Lebih Lanjut Ia mengatakan bahwa seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengawetan ikan dapat dilakukan dengan cara pengasapan dan cara ini biasanya dijumpai di daerah-daerah lain, namun di Kabupaten Sabu Raijua mungkin merupakan hal yang baru dan perlu di pelajari, karena tujuan dari pengasapan ikan adalah mengelola ikan agar siap untuk dikonsumsi, memberikan cita rasa yang khas agar lebih disukai oleh konsumen dan memberikan daya awet melalui pemanasan, pengeringan dan reaksi kimiawi asap dengan jaringan daging ikan pada saat proses pengasapan berlangsung.
Diakhir sambutannya Titus Bernadus duri berharap agar para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, supaya dapat memahami dan mengetahui cara pengasapan ikan dengan benar untuk menjadi salah satu sumber pendapatan bagi kelompok Nelayan.
Kegitan tersebut di akhiri dengan pembagian Alat Pengasapan serta alat-alat pendukung lainnya kepada tiga Desa yang diserahkan secara langsung oleh Asisten I Titus Bernadus Duri dan Kepala Dinas PMD Sofia Sius S.Sos.

Hadir dalam kegitan Tersebut, Asisten I, Kepala PMD, Narasumber dari Fakultas Nusa Cendana Kupang, Camat Sabu Barat, Camat Sabu Timur, Kepala Desa Raemadia, Raedewa dan Loborai serta peserta dari tiap-tiap Desa. Devy-Djib/LPPL RSPD SABU RAIJUA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU