MEMPERKUAT KETAHANAN PANGAN MENUJU KEMANDIRIAN PANGAN DI SABU RAIJUA

Rapat Koordinasi Pembangunan Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2023 di Aula Gedung Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sabu Raijua, Selasa 30 Mei 2023.

Dalam Sambutannya Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N.Rihi Heke, M.Si mengatakan ketahanan pangan merupakan salah satu pilar utama penopang ketahanan ekonomi dan ketahanan nasional. Akses kualitas terhadap kualitas pangan dengan kualitas gizi yang cukup merupakan hak yang paling asasi bagi masyarakat. Jika terjadi penurunan ketahanan pangan maka tentu akan berpengaruh langsung terhadap ketahanan sosial, stabilisas ekonomi serta stabilitas politik dan keamanan.

UU no.18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan pentingnya penyelenggaraan pangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia secara adil, merata dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dengan berbagai tujuannya. 
Lebih lanjut Bupati mengatakan komoditas yang sudah berada pada level kedaulatan pangan yaitu gula sabu, bawang merah, ternak kambing, kerbau dan komoditas rumput laut. Komoditas yang sudah berswasembada seperti kacang hijau dan kacang tanah komoditas yang perlu ditingkatkan menuju swasembada. Semangat untuk terus membangun pertanian dan pangan adalah penting karena sesuai konsep pembangunan pangan nasional, terdapat tiga tingkatan kualifikasi pembangunan pangan yaitu ketahanan pangan yang secara sederhana diukur dengan kemampuan menyediakan pangan yang cukup untuk masyarakat tanpa melihat sumber pangan diperoleh, kemandirian pangan diukur dengan melihat kemampuan memproduksi pangan sendiri atau berswasembada, kedaulatan pangan yang ditandai dengan mapannya berswasembada pangan sehingga produk-produk pertanian turut mewarnai perdagangan pangan daerah dan eksport.

Bupati Sabu Raijua meminta jajaran Dinas Pertanian dan pangan terus mengawal percepatan tanam untuk meningkatkan frekuensi tanam atau indeks pertanaman padi dari satu kali menjadi dua kali atau tiga kali dalam setahun. 

Diakhir sambutannya Bupati Sabu Raijua menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, baik itu OPD terkait, pemerintah Kecamatan, Desa dan Kelurahan.
Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Sekda, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua, Para Kepala Desa/Lurah, Yayasan Sheep Indonesia, Penyuluh Pertanian dan Undangan Lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU