TANGGAPAN KETUA MUI SABU RAIJUA TERKAIT PERSIAPAN PERAYAAN IDUL FITRI TAHUN 2023

 

Idul Fitri menandakan berakhirnya waktu puasa Ramadhan dan juga sering diartikan sebagai hari kemenangan. Makna spiritual yang terdapat di dalamnya selain refleksi dan kegembiraan, Idul Fitri juga sebagai waktu untuk amal, yang dikenal sebagai Zakat al-Fitrah. Idul Fitri dimaksudkan sebagai waktu sukacita dan penuh berkah bagi seluruh umat Muslim dan waktu untuk membagikan harta kekayaan seseorang kepada mereka yang tidak mampu agar turut berbahagia di hari raya. Demikian dikatakan oleh Ketua MUI Kabupaten Sabu Raijua Hj. Muhammad Yasin Albone ketika diwawancara oleh team RSPD dalam persiapan hari Raya besar umat muslim. Menurut Hj. Yasin selama bulan yang penuh suci ini kegiatan yang dilaksanakan adalah pembagian zakat al-fitrah berupa pembagian beras kepada fakir miskin. Menurut Hj. Yasin bahwa belum ada ketetapan tanggal yang pasti untuk hari raya Idul Fitri, karena munurut Hj. Yasin bahwa masih menunggu Sidang isbat yang biasanya digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadan.

Selain itu, sidang isbat juga dilakukan untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah, seperti Idul Fitri hingga Idul Adha.

Hj. Yasin menjelaskan bahwa pada sidang isbat akan ditunjuk dan mengambil sumpah beberapa orang yang akan melakukan pengamatan terhadap bulan sehingga dapat menentukan hari raya Idul Fitri berbeda dengan muslim Muhammadiyah yang sudah menentukan tanggal perayaan Idul Fitri dari perhitungan kalender.

Diakhir wawancaranya Hj. Yasin berharap perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah tahun ini dapat berjalan dengan baik seperti perayaan sebelumnya karna rasa toleransi dan kekeluargaan pada masyarakat. Hj. Yasin juga berharap dibulan suci ini dapat mempererat tali silahturahmi dengan antar sesama umat beragama di Kabupaten Sabu Raijua, serta berharap juga sholat Id tahun ini dapat berjalan dengan hikmah. (Deby&Demon/LPPLSARAI)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU