POSBINDU SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI WILAYAH PELAYANAN PUSKESMAS SEBA

Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini pengendalian penyakit tidak menular melalui pemberdayaan masyarakat dan sasarannya ditujukan kepada masyarakat sehat dan yang beresiko dengan sasaran usia 15-59 tahun artinya masih usia produktif.

Posbindu PTM tersebut merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM. Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Hal tersebut disampaikan PJ Program Posbindu PTM Widiyanti Nona Lely diruang kerjanya saat di wawancarai RSPD Sabu Raijua terkait pelayanan kesehatan Posbindu PTM di Wilayah Pelayanan Puskesmas Seba pada, Rabu, 12 April 2023.

Menurut Lely, pelayanan Posbindu PTM ini di lakukan sekali sebulan di masing-masing desa di Kabupaten Sabu Raijua. Dirinya melihat antusias masyarakat sangat tinggi dan semangat berdatangan untuk berobat.

Lely menambahkan bahwa dalam kegiatan posbindu di lakukan pengukuran tinggi badan, timbang  berat badan, pemeriksaan lingkar perut, pemberian obat sesuai dengan penyakit yang di keluhkan dan bisa di selingi aktivitas senam fisik dengan menghitung tanpa musik.

Lely berharap dalam beberapa desa harus ada alat musik sebagai pendukung dalam pelayanan Posbindu.

Di akhir wawancara Lely menghimbau kepada aparat desa dan kader-kader posbindu yang ada dalam wilayah pelayanan di Kecamatan Sabu Barat agar dapat menginformasikan kepada masyarakat melalui mimbar-mimbar gereja atau pengumuman-pengumuman lainnya  supaya dapat meningkatkan kunjungan peserta Posbindu. (KORNEL/LPPL)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU