POLRES SABU RAIJUA MENGGELAR APEL GELAR PASUKAN OPERASI SEMANA SANTA TURANGGA -2023

 

Apel gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga-2023 di pimpin langsung oleh Kapolres Sabu Raijua AKBP. Jacob Seubelan, SH berlangsung di Lapangan Polres Sabu Raijua pada Selasa, 4 April 2023.

Dalam Sambutannya, Kapolres mengatakan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Untuk itu, diharapkan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan paskah tahun 2023 di Kabupaten Sabu Raijua dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Menurut Kapolres, momentum paskah bagi umat Kristiani merupakan peristiwa penting dan sangat mendalam. Hari paskah menandai kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga usai penyaliban dan setiap tahun selalu dirayakan oleh Umat beragama dengan melaksanakan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap  meningkatnya mobilitas masyarakat.

Oleh sebab itu, Polri  dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah,  Mitra Kambtibmas serta stakeholder menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi OPERASI SEMANA SANTA TURANGGA-2023 yang akan dilakukan selama 15 hari, mulai tanggal 4 sampai dengan 18 April 2023.


Operasi Semana Santa Turangga-2023 Polres Sabu Raijua tersebut terdiri dari total 160 personel gabungan yang ditempatkan pada 1 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan guna mengamankan 42 objek Pengamanan.

Kapolres Sabu Raijua lebih lanjut menjelaskan bahwa pada pengamanan paskah akan terdapat berbagai potensi gangguan keamanan yang harus diwaspadai seperti kecelakaan lalulintas, kejahatan konvensional, ancaman terorisme dan ancaman bencana alam. Oleh Karena itu, Kapolres menghimbau agar dapat meningkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta melakukan sosialisasi untuk meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal terutama kepada masyarakat yang akan bepergian dan melaksanakan ibadah.

Kapolres melanjutkan terkait pengendalian dan ketahanan pangan dan BBM agar terus melakukan monitoring dilapangan bersama satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan. Dihimbau kepada para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan maupun kenaikan harga. Terkait BBM diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder guna memastikan ketersediaan stok BBM dan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik.

Khusus pengamanan ibadah paskah, Kapolre menghimbau agar memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi yang melibatkan TNI, elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan sebagai wujud toleransi beragama.

Guna mendukung berbagai upaya pengamanan pada Operasi Semana Santa Turangga-2023  diharapkan dapat mengoptimalkan peran command center, sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan.

Kapolres pun berharap keberhasilan akan pengamanan Operasi  Semana Santa  Turangga-2023 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan. Seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Dengan demikian masyarakat dapat melaksanakan ibadah paskah dengan khidmat.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres berpesan kepada seluruh personel pengamanan  agar jadikan pengamanan paskah sebagai sebuah kebanggaan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis, dan memahami tugas dan fungsi masing-masing  sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif dan deteksi dini.

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Perwakilan Dinas Perhubungan, Kasat POLPP bersama staf, Seluruh Personel TNI/POLRI, Kepala Kantor Kementrian Agama, Para Tokoh Agama, Ketua MUI Sabu Raijua, Perwakilan FKUB dan undangan lainnya. (INDAH-YUSTON/LPPL RSPD SABU RAIJUA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU