KAPOLRES SABU RAIJUA PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT TURANGGA-2023

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Turangga-2023 berlangsung di Lapangan Polres Sabu Raijua pada Senin, 17 April 2023 yang dipimpin oleh Kapolres Sabu Raijua AKBP. Jackob Seubelan, SH.

Apel gelar pasukan ini digelar secara serentak diseluruh Indonesia dan menjadi tanda resmi akan dimulainya Operasi Ketupat Turangga-2023.

Dalam sambutan tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Sabu Raijua mengatakan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Kapolri menjelaskan Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Polri bersama stakeholder  terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi “KETUPAT 2023” selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2023.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 (Seratus Empat Puluh Delapan Ribu Dua Ratus Enam Puluh Satu) personil gabungan yang terdiri dari TNI-POLRI, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, SatPol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan  Mitra Kamtibmas lainnya. Seluruh personel tersebut akan menempati 2.787 (Dua Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Tujuh) Pos yakni 1.857 (Seribu Delapan Ratus Lima Puluh Tujuh) Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayanan Dan 217 Pos Terpadu.

Kapolri berharap agar harus menjaga situasi kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli untuk mengantisipasi tindak pidana dan kepada masyarakat agar melapor ke Ketua RT/RW maupun Bhabinkamtibmas setempat. Personel juga harus ditempatkan di tempat ibadah terutama pada sholat Idul Fitri.

Mengakhir sambutannya, Kapolri menghimbau seluruh personil agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah, mengedepankan langkah-langkah humanis agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik dengan presisi sebagaimana yang diharapkan masyarakat, memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos,  berbagai langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, memastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui komunikasi publik, serta memperkuat sinergitas dan soliditas antar petugas pengamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Turut hadir Asisten I Setda Sabu Raijua Ir. Titus B. Duri, Perwakilan dari Kejari Sabu Raijua, TNI,Polri, Dinas Perhubungan, BMKG, Bandara, Satpol PP, Tokoh Agama, dan undangan lainnya.INDAH-LPPL RSPD SABU RAIJUA 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU