BIMTEK PENGUATAN KAPASITAS PENGELOLA SP4N-LAPOR! KABUPATEN SABU RAIJUA

Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) Kabupaten Sabu Raijua yang diselenggarakan atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sabu Raijua dan Usaid Erat (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat) berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 12-13 April 2023 di Gereja Yeruel Seba Kota. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale, A. Md, S.Pd, pada Rabu, 12 April 2023.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sabu Raijua mengatakan bahwa menjadi Pemerintah yang terbuka dan inovatif, memperluas akses informasi dan komunikasi serta tersedianya kanal pelayanan publik sudah menjadi keharusan dalam Pemerintahan. Melalui perluasan akses informasi dan komunikasi serta kanal aduan masyarakat, akan mendorong peran masyarakat dalam pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sabu Raijua sebagaimana diatur dalam peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013. Dimana dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik, diharapkan tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.

Dengan kehadiran SP4N-LAPOR! sebagai sistem penanganan pengaduan online, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan kinerja dan pelaksanaan program pemerintah. Hal ini berkaitan dengan penyediaan pelayanan publik yang berkualitas. Pengaduan masyarakat juga bisa menjadi kesempatan bagi instansi pemerintah dalam melakukan evaluasi dan perbaikan, sehingga pelayanan publik bisa berfungsi maksimal dan masalah yang terjadi tidak terulang lagi.

Lanjut Wakil Bupati, SP4N-LAPOR! menjadi satu-satunya kanal aduan layanan publik berbasis digital dan digunakan seluruh instansi pemerintah. Melalui aplikasi SP4N-LAPOR, diharapkan akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat, perbaikan layanan publik, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta sebagai salah satu rujukan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sebagai wujud akuntabilitas pemerintah.

Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale, A. Md, S.Pd menghimbau kepada seluruh peserta bimtek yakni para admin penghubung untuk kedepannya mempersiapkan jawaban dan solusi atas pengaduan masyarakat dengan baik, karena respon awal serta respon tindak lanjut sangat penting. Respon jawaban yang diberikan perangkat daerah atas pengaduan masyarakat jangan terkesan membela diri atau melimpahkan permasalahan kepada pihak lain. Hal seperti ini tidak boleh terjadi, sebab masyarakat membutuhkan jawaban dan solusi atas pengaduan yang mereka sampaikan.


Wakil Bupati Sabu Raijua juga meminta kegiatan SP4N-LAPOR! tidak hanya selesai pada BIMTEK saja, tetapi perlu dilanjutkan dengan menyebarluaskan kanal pengaduan ini kepada seluruh komponen masyarakat di Sabu Raijua. Dan perlu adanya sosialisasi keberadaan SP4N-LAPOR! kepada masyarakat luas karena masyarakat memiliki kontrol penting atas kinerja pemerintah, sehingga pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya dalam laporan panitia menjelaskan bahwa Implementasi kegiatan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Sabu Raijua selama ini masih belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan status laporan SP4N-LAPOR! di tahun 2022 terdapat 29 aduan yang masuk dimana keseluruhan pengaduan tersebut telah direspon baik diarsipkan dan diteruskan ke perangkat daerah untuk ditindaklanjuti. Secara umum masalah yang dihadapi bahwa SP4N-LAPOR! belum dianggap urgen dalam pelaksanaannya ditingkat kabupaten.

Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman admin penghubung SP4N-LAPOR! Perangkat Daerah Sabu Raijua tentang kebijakan dan tata laksana SP4N-LAPOR!, meningkatnya pemahaman dan kualifikasi admin penghubung SP4N-LAPOR! Perangkat Daerah Sabu Raijua dalam mengelola dan menindaklanjuti pengaduan melalui SP4N-LAPOR!.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Nara Sumber dari Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Drs. Yanuar Ahmad, MPA dan Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Setda Provinsi NTT Djoese Selestino M. Naibuti, S.Pt, M.Si, Para Asisten, Pimpinan OPD dan Para Camat. INDAH/TARY-LPPL RSPD SABU RAIJUA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU