BIMTEK PENGUATAN KAPASITAS PENGELOLA SP4N-LAPOR! KABUPATEN SABU RAIJUA
Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) Kabupaten Sabu Raijua yang diselenggarakan atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sabu Raijua dan Usaid Erat (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat) berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 12-13 April 2023 di Gereja Yeruel Seba Kota. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale, A. Md, S.Pd, pada Rabu, 12 April 2023.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sabu Raijua mengatakan bahwa menjadi Pemerintah yang terbuka dan inovatif, memperluas akses informasi dan komunikasi serta tersedianya kanal pelayanan publik sudah menjadi keharusan dalam Pemerintahan. Melalui perluasan akses informasi dan komunikasi serta kanal aduan masyarakat, akan mendorong peran masyarakat dalam pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sabu Raijua sebagaimana diatur dalam peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013. Dimana dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik, diharapkan tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.
Dengan kehadiran SP4N-LAPOR!
sebagai sistem penanganan pengaduan online, diharapkan dapat meningkatkan
partisipasi masyarakat dalam pemantauan kinerja dan pelaksanaan program
pemerintah. Hal ini berkaitan dengan penyediaan pelayanan publik yang
berkualitas. Pengaduan masyarakat juga bisa menjadi kesempatan bagi instansi
pemerintah dalam melakukan evaluasi dan perbaikan, sehingga pelayanan publik
bisa berfungsi maksimal dan masalah yang terjadi tidak terulang lagi.
Lanjut Wakil Bupati, SP4N-LAPOR! menjadi satu-satunya kanal aduan layanan publik berbasis digital dan digunakan seluruh instansi pemerintah. Melalui aplikasi SP4N-LAPOR, diharapkan akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat, perbaikan layanan publik, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta sebagai salah satu rujukan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sebagai wujud akuntabilitas pemerintah.
Wakil Bupati Sabu Raijua,
Yohanis Uly Kale, A. Md, S.Pd menghimbau kepada seluruh peserta bimtek yakni
para admin penghubung untuk kedepannya mempersiapkan jawaban dan solusi atas
pengaduan masyarakat dengan baik, karena respon awal serta respon tindak lanjut
sangat penting. Respon jawaban yang diberikan perangkat daerah atas pengaduan
masyarakat jangan terkesan membela diri atau melimpahkan permasalahan kepada
pihak lain. Hal seperti ini tidak boleh terjadi, sebab masyarakat membutuhkan
jawaban dan solusi atas pengaduan yang mereka sampaikan.
Wakil Bupati Sabu Raijua juga
meminta kegiatan SP4N-LAPOR! tidak hanya selesai pada BIMTEK saja, tetapi perlu
dilanjutkan dengan menyebarluaskan kanal pengaduan ini kepada seluruh komponen
masyarakat di Sabu Raijua. Dan perlu adanya sosialisasi keberadaan SP4N-LAPOR!
kepada masyarakat luas karena masyarakat memiliki kontrol penting atas kinerja
pemerintah, sehingga pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas dengan
sebaik-baiknya.
Selanjutnya dalam laporan
panitia menjelaskan bahwa Implementasi kegiatan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Sabu
Raijua selama ini masih belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan status
laporan SP4N-LAPOR! di tahun 2022 terdapat 29 aduan yang masuk dimana
keseluruhan pengaduan tersebut telah direspon baik diarsipkan dan diteruskan ke
perangkat daerah untuk ditindaklanjuti. Secara umum masalah yang dihadapi bahwa
SP4N-LAPOR! belum dianggap urgen dalam pelaksanaannya ditingkat kabupaten.
Melalui Kegiatan ini
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman admin penghubung SP4N-LAPOR! Perangkat
Daerah Sabu Raijua tentang kebijakan dan tata laksana SP4N-LAPOR!, meningkatnya
pemahaman dan kualifikasi admin penghubung SP4N-LAPOR! Perangkat Daerah Sabu
Raijua dalam mengelola dan menindaklanjuti pengaduan melalui SP4N-LAPOR!.
Turut hadir dalam kegiatan
tersebut Nara Sumber dari Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Drs. Yanuar Ahmad, MPA dan Kepala
Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Setda Provinsi NTT Djoese Selestino M.
Naibuti, S.Pt, M.Si, Para Asisten, Pimpinan OPD dan Para Camat. INDAH/TARY-LPPL
RSPD SABU RAIJUA
Komentar
Posting Komentar