PERMASALAHAN YANG ADA DI WILAYAH KECAMATAN SABU BARAT

Plt. Camat Sabu Barat Robinson Rihi Huki memaparkan permasalahan-permasalahan yang ada di wilayah Kecamatan Sabu Barat pada Murenbang tingkat Kecamatan Sabu Barat yang berlangsung di Gedung Gereja Pniel Menia, Sabtu 25 Maret 2023.

Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya dibidang pemerintahan adalah adanya jabatan struktural yang kosong pada Bulan Februari tahun 2021 sampai dengan saat ini telah terjadi kekosongan Jabatan Camat, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Komunikasi Pelayanan Program yang telah pensiun terhitung mulai tanggal 1 Maret 2023  serta Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan  telah dilantik menjadi Lurah Mebba terhitung 1 Januari 2023.

Lanjut, PLT. Camat Sabu Barat di bidang Kesehatan, jumlah Balita Stunting di Kecamatan Sabu Barat sebanyak 426 Balita dengan presentase 14,43%.

Sementara itu, berkaitan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) hasil verifikasi di simpulkan bahwa 17 Desa dan 1 Kelurahan, jumlah penduduk yang di temukan sebanyak 14.474,  jumlah penduduk yang tidak di temukan sebanyak 396 dan jumlah penduduk mampu sebanyak 1.614 serta jumlah penduduk usulan baru 6.191.

Plt. Camat menjelaskan berkaitan dengan perkembangan penggunaan Dana Desa yang telah di asistensi untuk berproses selanjutnya kurang lebih ada 8 desa dan 1 desa telah di asistensi.

Sedangkan persoalan yang dihadapi dalam pengelolaan Dana desa yakni keterbatasan sumber daya Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa, keterbatasan tenaga pendamping dan tenaga teknis di Desa, serta keterbatasan sumber daya tim pendamping tingkat kecamatan dalam memverifikasi dokumen APBDES, RKPDes dan dukumen Keuangan lainnya.

Lebih lanjut Plt. Camat Sabu Barat Robinson Rihi Huki dalam laporannya memaparkan bahwa perkembangan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahun 2022, kurang lebih untuk tahap 1 ada 11 Desa yang sudah menyampaikan laporan pertanggungjawabannya, Tahap 2 ada 5 Desa dan tahap 3 ada 2 Desa. DEVY/RIAN-LPPL RSPD SABU RAIJUA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU