FORUM PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SABU RAIJUA TAHUN 2023

 

Bupati Sabu Raijua, Drs.Nikodemus N.Rihi Heke.MSi menghadiri dan membuka secara langsung kegiatan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Sabu Raijua, Jumat 31 Maret 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memadurasikan prioritas kegiatan pembangunan dari setiap Kecamatan dan Pokir DPRD dengan rencana kerja perangkat daerah, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.


Dalam sambutannya, Bupati Sabu Raijua Drs.Nikodemus N.Rihi Heke.MSi menyampaikan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah, yang telah berpartisipasi aktif dalam merumuskan rancangan kebutuhan, untuk mengakomodir usulan-usulan masyarakat melalui Musrenbang tingkat kecamatan, yang didahului di tingkat dusun dan desa maupun aspirasi masyarakat yang diusulkan melalui DPRD.


Harapannya bentuk sinergi ini, terus berinovasi dan dikembangkan agar tercipta harmonisasi dan kepekaan perangkat daerah terhadap kebutuhan masyarakat dan lokus pembangunan di setiap kecamatan.

Kegiatan forum OPD ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan yang telah dilakukan sebelumnya, sebagai persiapan jelang kegiatan musrenbang tingkat kabupaten. Forum perangkat daerah atau gabungan perangkat daerah merupakan tahapan penyelesaian atau sinkronisasi usulan teknokrat partisipatif dan politis tahun anggaran 2024.

Lanjut Bupati, berkaitan dengan kondisi dan perkiraan tahun 2024 kita perlu mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang menjadi tantangan di kabupaten sabu raijua. Antara lain, peningkatan pertumbuhan ekonomi, penanggulangan kemiskinan, pengendalian inflasi daerah, penanggulangan stunting, pelayanan dasar konektivitas antar wilayah dan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan serta reformasi birokrasi dan inovasi daerah.

Mengacu pada isu strategis tersebut maka sasaran pembangunan daerah pada tahun 2024 diharapkan pada penguatan perekonomian masyarakat berbasis pariwisata dan meningkatkan UMKM yang inovatif, produktif, stabil dan merata, melalui pemanfaatan potensi ekonomi yang berdaya saing. Selanjutnya pembangunan infrastruktur dan jaringan  transportasi yang menghubungkan antar bagian wilayah atau pusat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata dengan memperhatikan aspek penataan ruang dan lingkungan hidup. Peningkatan aksebilitas layanan pendidikan dan kesehatan serta mengurangi tingkat kemiskinan dan stunting serta peningkatan kualitas SDM dan kinerja birokrasi tata kelola layanan pemerintahan yang baik.

Melalui tahapan forum perangkat daerah ini berharap bisa menghasilkan perencanaan program kegiatan pembangunan yang mampu menampung aspirasi masyarakat hasil Musrenbang Kecamatan maupun pokok pikiran dari DPRD yang komprehensif, baik dari sisi kepentingan nasional maupun kepentingan daerah.

Bupati menghimbau untuk membangun komitmen bersama agar yang akan disepakati dalam forum ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam sistem birokrasi dan aturan yang berlaku

akhir dari sambutannya Bupati menyampaikan beberapa hal penting bahwa forum OPD ini diharapkan dapat memperjelas semua usulan masyarakat dari seluruh kecamatan serta POKER DPRD dalam berbagai sektor kebutuhan dasar agar dapat di sinergikan dengan semua usulan disesuaikan dengan program prioritas unggulan melalui Visi Sabu Raijua Bersatu,Maju dan Bermartabat.menetapkan urgensi dan setiap permasalahan yang ada di Kabupaten ini dan bukan dijadikan sebagai ajang penyampaian daftar keinginan tetapi benar-benar merupakan kebutuhan prioritas masyarakat.

Turut Hadir Wakil Bupati Sabu Raijua, Para Anggota DPRD Kabupaten Sabu Raijua, Sekda Sabu Raijua, Para Asisten Setda Sabu Raijua, Plt.Kepala BAPEDA Sabu Raijua, Para Pimpinan OPD, Para Camat seKabupaten Sabu Raijua, Utusan/Delegasi dari Kecamatan, dan Undangan lainnya.(SOFYAN-LPPL RSPD SABU RAIJUA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU