FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PEMBAHASAN PUBLIKASI KABUPATEN SABU RAIJUA DALAM ANGKA 2023

 

Focus Group Discusssion (FGD) Pembahasan Publikasi Kabupaten Sabu Raijua dalam Angka 2023 berlangsung di Aula Manna Homestay, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka dengan resmi oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang I Made Suantara, SE, M.Si.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa BPS adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab sebagai penyedia data  informasi statistik official di Indonesia. Proses tersebut dilakukan secara berjenjang dari level nasional hingga Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa berdasarkan Undang-undang nomor 16 Tahun 1997 terdapat salah satu poin penting tentang tiga jenis statistik yakni statistik dasar yang secara umum tentang sensus penduduk, sensus pertanian serta sensus ekonomi, statistik sektoral yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah secara mandiri atau bersama BPS dan statistik khusus yang diselenggarakan oleh lembaga organisasi perorangan dan atau unsur masyarakat secara mandiri atau bersama dengan BPS.

Lanjut Kepala BPS Kabupaten Kupang I Made Suantara, SE., M.Si mengatakan bahwa yang akan dilakukan dalam FGD ini adalah membahas tentang penyediaan data statistik sektoral dalam bentuk publikasi daerah dalam angka Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2023 dengan mekanisme statistik sektoral masih menggunakan pola lama. Tingkat Nasional data di peroleh dari kementerian/lembaga badan pusat sedangkan tingkat daerah data diperoleh dari OPD Kabupaten/kota masing-masing.

Selanjutnya, FGD tersebut sebagai pertemuan untuk membahas perbaikan kualitas penyajian dan penyebarluasan data sektoral sehingga tercipta pengelolaan dan pemberitaan data yang lebih baik.

Mengakhiri sambutannya, I Made Suantara, SE.,M.Si mengajak seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Sabu Raijua untuk mensukseskan sensus pertanian 2023.

Hadir dalam FGD tersebut Pemateri Statistik Ahli Pertama Mohammad Suprapto, 25 peserta yang merupakan perwakilan  dari instansi daerah dan vertikal sebagai penyedia data sektoral Kabupaten Sabu Raijua.(Indah/LPPL RSPD SABU RAIJUA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMILIHAN KETUA, SEKRETARIS, WAKIL SEKRETARIS DAN ANGGOTA MAJELIS SINODE KE-35 GMIT PERIODE 2024-2027

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH/JANJI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DI LINGKUNGKAN PEMERINTAH KABUPATEN SABU RAIJUA

BUPATI SABU RAIJUA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH JANJI/JABATAN SEMBILAN ORANG PENJABAT KEPALA DESA, SATU ORANG BPD ANTAR WAKTU